Pesan Buku/Kitab?
SMS : 0812 8625 1777
e-mail: r.rusmanto@gmail.com ___________________________

12 November 2010

Membedah Bid'ah & Tradisi dalam Perspektif Ahli Hadits & Ulama Salafi

Membedah Bid'ah & Tradisi dalam Perspektif Ahli Hadits & Ulama Salafi

Oleh: Muhammad Idrus Ramli

Penerbit: Khalista

Tebal: ix + 103 Hal.

Harga: Rp. 13.000,-


Dewasa ini seiring dengan derasnya arus globalisasidan modernisasi, telah berkembang beberapa aliran transnasional yang anti tradisi dan berupaya membabat habis tradisi lokal serta menggantikannya dengan tradisi sebagian bangsa Arab modern dengan dalih purifikasi ajaran Islam serta kembali kepada ajaran al-Qur'an dan Sunnah. Kelompok anti tradisi ini dipelopori oleh gerakan Salafi atau Wahhabi, dan berpengaruh luas terhadap aliran transnasional lainnya.

Namun sayang sekali, semangat dan obsesi kelompok tersebut dalam upaya membabat habis seluruh tradisi lokal, bukanlah berangkat dari dalil-dalil al-Qur'an, Sunnah dan aqwal ulama yang otoritatif (mu'tabar), yang selama ini menjadi pedoman mayoritas umat Islam Ahlusunnah wal Jama'ah di berbagai belahan dunia islam.

Oleh karena itu buku kecil ini berupaya menjelaskan beragam tradisi umat Islam di tanah air berdasarkan al-Qur'an dan Hadits, serta menurut perspektif para ulama yang menjadi rujukan utama kaum wahhabi.
Baca Selengkapnya...

200 Fatwa Aktual An-Nawawi (Aqidah, Syari'ah, Akhlaq)

200 Fatwa Aktual An-Nawawi (Aqidah, Syari'ah, Akhlaq)

(Terjemah dari Kitab Fataawaa Al-Imam An-Nawawi Al-Musammaa Al-Masaa'il Al-Mantsuurah, karya Syaikh Muhyiddin Abu Zakariya bin Syaraf An-Nawawi)

Penterjemah: KH. A. Habib Abdullah Zaky Al-Kaaf

Penerbit: Pustaka Setia

Harga: Rp. 20.000,-


Buku ini adalah terjamah dari Kitab Fataawaa Al-Imam An-Nawawi Al-Musammaa Al-Masaa'il Al-Mantsuurah, karya Syaikh Muhyiddin Abu Zakariya bin Syaraf An-Nawawi.

Kitab tersebut dikumpulkan dan ditertibkan secara sistematis oleh salah seorang murid beliau yaitu, Syeikh Alauddin Ibnul Aththar.

Imam An-Nawawi adalah seorang ulama besar dalam Madzhab Asy-Syafi'i yang mendapat derajat Mujtahid Fatwa di kalangan Asy-Syafi'iyyah, yakni orang yang mampu memperkuat salah satu pendapat Imamnya Al-Imam Asy-Syafi'i radiallahu'anhu.

Baca Selengkapnya...

Praktik Prostitusi Gigolo Ala Yusuf Al-Qardawi

Praktik Prostitusi Gigolo Ala Yusuf Al-Qardawi

Tinjauan Hukum Islam Terhadap Fatwa Kawin Misyar

Oleh: NASIRI

Penerbit: Khalista

Harga: Rp. 27.000,-


Buku ini merupakan hasil analisis isi (content analysis) kitab fiqih Zawaj al-Misyar Haqiqatuh wa Hukmuh, karya Sheykh Yusuf al-Qardawi. Tulisan ini disusun untuk menjawab dua pertanyaan: Mengapa fatwa halalnya kawin misyar itu muncul dari sosok al-Qardawi? dan Bagaimanakah analisis hukum Islam terhadap fatwa halalnya praktik kawin misyar seperti yang ada dalam kitab Zawaj al-Misyar Haqiqatuh wa Hukmuh?

Fatwa bolehnya kawin misyar ini menimbulkan kontroversi di kalangan ulama. Namun, dari hasil analisis penulis menyimpulkan bahwa praktik kawin misyar hukumnya haram. Hal itu dikarenakan kawin misyar itu tidak sesuai dengan tujuan dishari'atkannya perkawinan itu sendiri, Di dalamnya terdapat penyimpangan-penyimpangan yang menyebabkan sulitnya untuk mewujudkan rumah tangga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah. Lebih tegasnya lagi, model kawin misyar ini menyerupai praktik prostitusi 'sewa gigolo'.
Baca Selengkapnya...

11 November 2010

Islam NU; Pengawal Tradisi Sunni Indonesia

Islam NU; Pengawal Tradisi Sunni Indonesia

Oleh: Drs. KH. A. Busyairi Harits, M.Ag.

Penerbit: Khalista

Harga: Rp. 35.000,-



Buku ini memiliki beberapa dimensi yang ingin dikomunikasikan kepada masyarakat Indonesia. Penulis adalah salah seorang Wakil Katib PWNU JATENG dan mantan Ketua NU Kota Semarang. Ia tidak hanya mengamati tetapi merasakan langsung dan menjadi pelaku yang terlibat dalam persoalan-persoalan yang dihadapi NU selama ini. Disini sangat kaya dengan informasi sejarah kepribadian NU.

Baca Selengkapnya...

Resolusi Jihad Paling Syar'i

Resolusi Jihad Paling Syar'i

Oleh: Gugun El-Guyanie

Penerbit: Pustaka Pesantren

Harga: Rp. 35.000,-


Pada 21 Oktober, berkumpullah para kiai se-jawa dan Madura di kantor ANO, Jl. Bubutan VI/2. Setelah rapat darurat sehari semalam, maka pada tanggal 22 Oktober, dideklarasikan sebuah seruan jihad fi sabilillah yang belakangan dikenal dengan istilah "Resolusi Jihad".

Umat menyambut seruan tersebut dengan gegap gempita. Di mana-mana, peperangan berkobar. Puncaknya, pada suatu pagi, dari berbagai penjuru dan dari ujung-ujung terjauh pulau Jawa, para Mujahid berdatangan memenuhi kota Surabaya. Pekik takbir pun membahana, menggoncangkan jiwa-jiwa musuh yang durjana.

Resolusi Jihad telah menggerakan perang paling kolosal yang pernah ada dalam sejarah nusantara, yang kemudian terkenal dengan peristiwa 10 November '45. Namun mengapa resolusi Jihad ini tidak pernah terekam dalam lembaran sejarah? buku ini berusaha menyajikanfakta-fakta yang selama ini terkesan dibiaskan dan ditutup-tutupi.
Baca Selengkapnya...

25 Rahasia Terdahsyat Haji Hingga Mabrur

25 Rahasia Terdahsyat Haji Hingga Mabrur

Oleh: KH. A. Aziz Masyhuri

Penerbit: Pustaka Pesantren

Harga: Rp. 33.000,-


Ibadah Haji dipenuhi dengan ritual-ritual yang tidak masuk akal, dan karenanya bukan tidak mungkin menggoda munculnya pikiran-pikiran nakal:

- Buat apa kita susah-susah "berkemah" di Padang Arafah yang berdebu dan panasnya minta ampun?
- APa gunanya berlari-lari antara shafa dan marwah? Bukankah lebih baik asyik jogging minggu pagi di taman kota?
- Mengapa kita harus berputar-putar mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali? bikin pusing kepala saja.
- Dan apa pula tujuan mencukur rambut, menyembelih ternak, melempari tugu batu, ataupun ritual ahaji yang lain.

Buku ini menghadirkan rahasia-rahasia terdahsyat dari berbagai ritual dalam ibadah haji yang hanya diketahui oleh orang-orang yang dalam ilmunya (al-Ulama' Ar-Rasikhun). Dengan mengetahui rahasia tersebut, diharapkan kita akan mengerjakan ritual-ritual haji tanpa keraguan, tiada tercemari syawasangka, dan terhindar dari segala perasaan negatif, sehingga dapat mengantarkan kita memperoleh gelar haji mabrur.


Baca Selengkapnya...

Sehat Adalah Ibadah; Sakit Adalah berkah

Sehat Adalah Ibadah; Sakit Adalah berkah

40 Hadits Shahih

Oleh: Didik L. Hariri

Penerbit: Pustaka Pesantren

Harga: Rp. 26.900,-


Sakit dans ehat adalah dua kondisi yang tak pernah lekang dari seorang manusia. Jika yang satu datang, yang lain akan pergi, dan sebaliknya. Namun sayang, mausia sering keliru menyikapi kehadiran keduanya. Kerapkali, manusia lupa apa yang harus ia lakukan saat ia sehat. Manusia seringkali alpa bagaimana harus bersikap disaat ia sakit.

Empat puluh Hadits dalam buku ini setidaknya menjadi semacam alarm yang akan selalu mengingatkan kita bagaimana memanfaatkan sehat atau sakit. Dengan memaparkan teori maupun praktik kesehatan yang pernah dilakukan Nabi dan para Sahabat (kesehatan nabawi), buku ini akan mengubah sakit ataupun sehat menjadi sebuah energi dahsyat yang berpotensi mengangkat derajat kita disisi-Nya.
Baca Selengkapnya...

Beda Pendapat di Tengah Umat Sejak Zaman Sahabat Hingga Abad Keempat

Beda Pendapat di Tengah Umat Sejak Zaman Sahabat Hingga Abad Keempat

(Terjemah dari Kitab Al-Inshaf fi Asbab al-Ikhtilaf, karya Syah Waliyullah ad-Dahlawi)

Penterjemah: KH. A. Aziz Masyhuri

Penerbit: Pustaka Pesantren

Harga: Rp. 32.500,-


Nabi Muhammad pernah bersabda: "Ikhtilafu mmati Rahmatun: Perbedaan pendapat dikalangan umatku adalah rahmat".

Namun, sungguh disayangkan ketika rahmat yang dimaksud oleh Nabi tersebut kadang-kadang terbalik menjadi laknat dan menimbulkan permusuhan diantara umat. Masing-masing pihak berusaha memuji pendapat ulama panutannya, dan menghujat ulama yang ebrseberangan. Padahal, dalam memutuskan hukum dan berfatwa, masing-masing ulama memiliki sumber yang sama, yaitu al-Qur'an dan al-Hadits.

Buku ini mengupas hingga tuntas mengapa para ulama, sejak zaman dulu hingga sekarang m,engalami perbedaan pendapat; mengapa para sahabat dan tabi'in berselisih paham dalam beberapa masalah; mengapa kemudian muncul berbagai madhzab; mengapa (bahkan) dalam satu madhzab pun masih terdapat perbedaan pendapat.

Selain merangkum sebab-sebab perbedaan pendapat diantara para ulama, buku ini juga disertai contoh-contoh "titik tengkar' dari berbagai pendapat yang berbeda itu. Dengan demikian, buku ini dapat mengantar kita untuk semakin menyadari bahwa beda pendapat adalah sesuatu yang niscaya sehingga harus dimaklumi.
Baca Selengkapnya...

Responsifitas Hukum Islam; Telaah Fiqh Kontekstual

Responsifitas Hukum Islam; Telaah Fiqh Kontekstual

Oleh: Team Pembukuan Thool el-Dahr

Penerbit: FBM HP CIPs KB Santri Jawa Barat Pon Pes Lirboyo

Harga: Rp. 30.000,-


buku ini adalah buku kumpulan hasil-hasil Bahtsu dan sangat penting dimiliki karena di dalamnya dikupas permasalahan yang terjadi diwaktu sekarang.
semoga buku ini dapat memotivasi niat belajar kita dalam emnggali dan menyikapi permasalahan yang ada dengan tetap mengikuti etika bermadzhab, bermanfaat bagi kita semua dan mendapat ridlo dari Allah SWT. (KH. Ahmad Idris Marzuqi, Pengasuh PonPes Lirboyo)

Baca Selengkapnya...

Dari Pojok Pesantren

Dari Pojok Pesantren

Kumpulan Do'a dan dzikir

Oleh: Abduttaqwa, Muh. Fauzan, MS. Nabhan Aiq, M. Mukhlas Noer

Penerbit: Tamatan MHM 2001

Harga: Rp. 15.000,-



Baca Selengkapnya...

Terjemah Maulid Diba' (saku)

Terjemah Maulid Diba' (saku)

oleh: Masykuri Abdurrahman

Penerbit: Pustaka Sidogiri

Harga: Rp. 8.000,-


Dengan memahami arti bacaan..
mengerti shalawat yang dilantunkan..
akan menumbuhkan gelora cinta dan menambah rindu membara kepada Nabi Muhammad al-Musthafa.

semoga.. amiin.
Baca Selengkapnya...

Ratib Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad (saku)

Ratib Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad (saku)

Oleh: H. Thoha bin Abubakar Yahya

Penerbit: Darul Ulum Press

Harga: Rp. 8.000,-


ini adalah do'a dan dzikir yang disusun oleh Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad agar mudah bagi murid-muridnya dan kaum muslimin semua untuk mengamalkannya sebagai ratib (bacaan doa dan dzikir) diwaktu pagi dan petang.

dalam buku ini dilengkapi pula dengan:
1. Asmaa' Allah al-Husna
2. Wirid Al-Imam Al-Ghazali ra.
3. Al-Musabbi'aatul Asyri (Dzikir Asy-Syaikh Ibrahim at-Taimi)
4. Wirid Al-Adzkaarul Asyri (Dzikir al-Imam Ali bin HAsan Al-Attas)
5. Doa Sayyidina al-Khaidzir as
6. Munajat Do'a Pengakuan Dosa (Al-Imam Abdullah bin Husain bin Thahir)
7. Riwayat Dzikir Asy-Syaikh Ibrahim At-Taimi
8. Hizb Syaikh Abu BAkar bin Salim
Baca Selengkapnya...

MAJM’UAH LANGITAN

MAJM’UAH LANGITAN

Kumpulan Wirid, Do'a, dan Amalan ala Pesantren Langitan

Harga: Rp. 20.000,-


Telah beredar Majmu’ah Langitan dengan Versi baru dan edisi revisi.
Buku kecil ini memuat semua Wiridan-wiridan, do’a –do’a atau amalan-amalan yang biasa di lakukan di pondok pesantren Langitan Widan Tuban Jawa Timur.
Buku setebal 319 halaman ini terasa begitu banyak manfa’atnya bagi penduduk sekitar, hal ini dapat di buktikan dari pesatnya penjualan. Tercatat lebih dari 18.000 exemplar buku terjual dari pertama kali terbitnya.

Buku karya putra K.H. Abdullah Faqih (Pengasuh Besar Pondok pesantren Langitan) ini berisikan Do’a-do’a penting, dan amalan-amalan sehari-hari. Seperti : do’a sehabis sholat-sholat sunnah, kaifiyah-kaifiyah (cara) sholat sunnah, macam-macam hizib, dziba’ bardzanji, manaqib syeick abdul Qodir Al jailani, dan lain-lain
Berikut ini Daftar isinya:
01. Pengantar Cetakan Edisi Penyempurna
02. Pembukaan Kitab
03. Muqoddimah
04. Do’a Akan Tidur
05. Do’a Bangun Tidur
06. Do’a Ketika Mandi Fajar
07. Do’a Ba’da Shubuh
08. Do’a Qobla Salam
09. Do’a Ba’da Salam
10. Wirid Sehabis Sholat Lima Waktu
11. Sayyidul Istighfar
12. Hafidlotun Nabawiyah
13. Wirid Habis Sholat Jum’at
14. Macam-Macam Do’a Dan Faedahnya
15. Do’a Agar Di Jaga Dari Orang Dholim
16. Do’a Keselamatan
17. Do’a Untuk Memahami Ilmu
18. Do’a Tawassul
19. Do’a Sholat Hajat
20. Do’a Sholat Istikhoroh
21. Do’a Sholat Tahajjud
22. Bacaan Ketika Sujud Sholat Tahajjud
23. Bacaan Ketika Sujud Tilawah
24. Do’a Sholat Taraweh
25. Do’a Witir Romadlon
26. Do’a Awal Tahun
27. Do’a Akhir Tahun
28. Do’a Di Bulan Asyuro
29. Do’a Nisfu Sa’ban
30. Do’a Hatam Al-Qur’an
31. Sholawat Dan Beberapa Faidahnya
32. Sholawat Ibrohimiyah
33. Sholawat Thibbil Qulub
34. Sholawat As Sifa’
35. Sholawat Kamaliyah
36. Sholawat Al Fatih
37. Sholawat Mudhibatul Lin Nisyan (Menghilangkan Lupa )
38. Sholawat Tafrijiyah
39. Sholawat Anwar
40. Sholawat Istighfar
41. Sholawat Barriyah
42. Sholawat Nuridzati
43. Sholawatul Fahmi
44. Sholawat Tafrijul Kurub ( Menghilangkan Kesusahan )
45. Sholawat Munjiyat
46. Sholawat Solla Alaika Ya Muhaamad
47. Asma’ul Husna
48. Do’a Asma’ul Husna
49. Istighosah
50. Tahlil
51. Rotibul Haddad
52. Wirid Latif
53. Hizib Nashor Al Haddad
54. Hizib Nashor As Sadzili
55. Hizib Annawawi
56. Maulid Dziba’
57. Maulid Barzanji
58. Allujjainuddani ( Manaqib Syeih Abdul Qodir Al Jailani)
59. Qosidah Ya Arhama Rohimin
60. Qosidah Sholawat Badriyah
61. Qosidah Sholawat Assalamu Alaik
62. Qosidah Sholawat Fi Hubbi Sayidina Muhammad
63. Qosidah Qod Kafani Ilmu Robbi
64. Qosidah Yamuhaiminu Ya Salam
65. Qosidah Ilahi Las…
66. Qosidah Kalamun Qodimun
67. Qosidah Dibaca Ketika Hendak Ziyaroh Kubur Para Wali
68. Mandzumah Asma’ul Husna
69. Burdah
70. Qosidah Munfarijah
71. Qosidah Jaliyatul Kadar
72. Qosidah Munajad Lil Imam Al Haddad
73. Pokok-Pokok Khutbah Jum’at
74. Khutbah Nikah
75. Do’a Qur’aniyah
76. Do’a Nabawiyah

diambil dari : http://apps.facebook.com/note.php?note_id=145502175462331&id=100001227638334&ref=share
Baca Selengkapnya...

Menggapai Esensi Menuju Makrifatullah

Menggapai Esensi Menuju Makrifatullah

Terjemah Risalatul Muawanah

Karya: Sayyid Abdullah bin Alwi Al-Haddad

Penterjemah: Moch. Munawwir Az-Zahidiy

Penerbit: Mutiara Ilmu

Harga: Rp. 25.000,-


Tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah. Demikianlah kita telah berikrar sebagai hamba Allah SWT, dan ikrar itu senantiasa kita perbaharui tak kurang lima kali setiap harinya. Tetapi, apakah ikrar itu sungguh-sungguh adanya? Seperti apa dan sudah seberapa besar kita menghamba kepada Allah?

Risalatul Muawanah - kitab yang diterjemahkan ini - adalah sebuah kitab tuntunan yang dimaksud di atas, yang disusun oleh al- Arif billah al-Imam Sayyid Abdullah bin Alwi al-Haddad.

Kitab ini mengajak memperkuat iman dan keyakinan, dan menjelaskan cara keduanya itu menjadi kuat. Dengan keyakinan yang kuat, hal-hal ukhrawi yang tidak nampak seolah-olah kelihatan, sehingga selalu melihat diri kita - diakhirat menghadap Allah - yang disertai rasa takut (khauf) dan berharap (roja'), juga menjelaskan bagaimana berhubungan dengan Allah maupun kepada sesama manusia. Kita akan selalu mencintai Allah dan menjadikan semua hidup kita untuk mengabdi kepada-Nya, menjalankan hal-hal yang baik, dan meninggalkan hal-hal yang buruk.

Semoga buku ini bermanfaat...
Baca Selengkapnya...

Hikmah Penyejuk Jiwa Pelipur Lara

Hikmah Penyejuk Jiwa Pelipur Lara

Oleh: Muhammad Salam bin Marzuqi

Penerbit: Ar-Roudho Publishing

Harga: Rp. 22.000,-


Kalimat hikmah adalah ibarat sesuatu yang hilang dari orang mukmin, dimana saja dia menemukannya maka dialah yang paling berhak untuk mengambilnya. Adapun apa yang tersaji dalam buku ini tak lain merupakan kumpulan-kumpulan hikmah yang dipungut dari ragam literatur kitab salaf seperti, Ad-Da'wah At-Tammah, Tatsbitul Fuad, Al-Ashfiya', Kitabul Hikam, al-Manhajus Sawi, Syarhul Ainiyyah, Nashaihul 'Ibad, Ihya' Ulumuddin, Al-Anwar fi Shuhbatil Akhyar, AL-Anwar al-Qudsiah, dan sebagainya.

Dari semua itu kami berketetapan untuk mengalih bahasakan dengan menyertakan pula bahasa arabnya agar lebih mudah digunakan sebagai rujukan dalam ceramah, khutbah, atau bahan sentilan nurani kita sendiri.

Insya'Allah dengan hikmah-hikmah yang ada di buku ini bisa memberikan manfaat kepada kita dalam rangka meningkatkan kesadaran diri...

Baca Selengkapnya...

Suka Cita Mukmin Di Alam Barzakh

Suka Cita Mukmin Di Alam Barzakh

(Terjemah Kitab Busyrol Kaib, karya Imam Jalaluddin As-Suyuti)

Penerbit: Cahaya Ilmu Publisher

Harga: Rp. 25.000,-


Setiap orang dalam menghadapi kematian tidaklah sama, ada yang dimatikan dalam keadaan tersiksa sebagaimana yang disebutkan dalam al-Qur'an surat Muhammad ayat 27 - 28, ada pula yang dimatikan dalam keadaan menyenangkan sebagaimana yang disebutkan dalam al-Qur'an surat an-Nahl ayat 32.

Bagi setiap mukmin dalam menghadapi kematiannya diawali dengan panggilan yang penuh kemesraan, Allah Ta'ala berfirman; "Wahai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya, maka masuklah ke dalam golongan hamba-hamba-Ku dan masuklah ke dalam surga-Ku", (QS. al-Fajr: 27-30)

Dalam buku ini Imam Suyuthi menjelaskan berbagai hal ihwal yang dialami seorang mukmin ketika ajal menjemputnya serta perasaan suka cita dan sambutan menggembirakan yang diterimanya ketika memasuki alam barzakh.

Semoga buku ini dapat memotivasi seorang mukmin untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi kematian dengan memperbanyak mengerjakan amal shaleh.
Baca Selengkapnya...

Keagungan Maulid Nabi Muhammad SAW & Terjemahan Maulid al-Barzanji Natsar

Keagungan Maulid Nabi Muhammad SAW & Terjemahan Maulid al-Barzanji Natsar

Oleh: Syarif Mursal Al-Batawiy

Penerbit: Al-Syarifiyah

Tebal: 139 Hal.

Harga: Rp. 20.000,-


Buku ini merupakan sebuah risalah yang berisi arti, sejarah, dan manfaat dalam pembacaan maulid serta ringkasan risalah Maulid al-Barzanji Natsar yang ditulis oleh al-Imam Barakah al-Anam, al-Sayyid Ja'far bin al-Sayyid Hasan bin al-Sayyid Abdul Karim bin al-Sayyid Muhammad al-Madani bin al-Sayyid Rasul al-Barzanjiy.

Karena sebagian orang awam belum mengetahui manfaat dan keutamaannya, juga ketika hendak meringkas pembacaan Maulid al-Barzanji, yang mana yang mesti dibaca.
Baca Selengkapnya...

Al-Hikmah; Memahami Teosufi Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah

Al-Hikmah

Memahami Teosufi Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah

Oleh: Dr. H. Kharisudin Aqib, M.Ag.

Penerbit: Bina Ilmu

Harga: Rp. 30.000,-


Tareqat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah merupakan unifikasi antara dua tarekat "Qadiriyah dan Naqsyabandiyah" yang terbesar dan tertua dalam sejarah tarekat di dunia Islam. Di Indonesia, tarekat ini berkembang sangat pesat, bahkan pada masa sekarang diperkirakan yang terbesar pengikutnya. Akan tetapi teori filsafat dalam ajaran tarekat ini kebanyakan hanya diketahui oleh para pengikutnya, bahkan sangat mungkin tidak sedikit pengikutnya yang tidak mengetahuinya. Padahal teori ini merupakan unsur yang sangat menarik yang ada dalam tarekat.

Mengetahui landasan-landasan filosofi dan teori-teori filsafat dalam suatu tarekat, tidak kalah pentingnya dengan mengetahui dalil-dalil naqli yang dijadikan dasar ajaran-ajarannya. Pengetahuan tentang hal ini juga diperlukan untuk mengetahui aspek-aspek ritual dalam pembahasan ilmu tasawuf dengan pendekatan filsafat (rasio) yang juga merupakan tuntutan masyarakat modern yang cenderung rasionalistik.

Buku ini merupakan salah satu jawaban dari tuntutan-tuntutan di atas. Di samping merupakan sebuah deskripsi dan analisis filosofis atas ajaran tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah di Indonesia yang berkaitan dengan tinjauan syar'i, sejarah ajarannya, filosofisnya, dan bahkan filsafat-filsafat yang mendasarnya, buku ini juga menyajikan prinsip-prinsip ajaran tasawuf sebagai dimensi esoterik agama Islam pada umumnya dan prinsip-prinsip ajaran Qadiriyah wa Naqsyabandiyah pada khususnya.

Baca Selengkapnya...

Jalan Mudah Menggapai Hidayah - 40 Prinsip Agama

Jalan Mudah Menggapai Hidayah — 40 Prinsip Agama

(Terjemah dari Kitab Arba'in Fi Ushuluddin, karya Imam al-Ghazali)

Penerbit: Pustaka Hidayah

Harga: Rp. 69.000,-


Selain Ihya' 'Ulumuddin, inilah salah satu mahakarya lain Imam al-Ghazali. Buku ini adalah bagian dari karya lain al-Ghazali, yakni jawahir al-Qur'an. Karena dipandang sangat penting, penulisnya tidak keberatan kalau bagian itu dijadikan sebagai sebuah buku tersendiri, yakni buku di tangan pembaca ini.

Mengapa banyak orang yang rajin shalat tetapi berperangai buruk: sombong, ingkar janji, menipu? Mengapa ada orang yang rajin bcrpuasa tctapi korupsi? Mengapa orang bangga pergi haji dengan menggunakan uang haram? Semua itu karena mereka hanya memerhatikan aspek lahiriah syariat dan mengabaikan aspek batiniahnya. Akibatnya, tujuan syariat tidak tercapai. Boleh jadi seseorang telah memenuhi kewajiban-kewajiban lahiriah syariat. tetapi sama sekali ia tidak memperoleh manfaat apa pun dari amalan-amalannya, selain kesia-siaan belaka.

Tentang hal seperti inilah Allah SWT berfirman: Katakanlah. "Maukah kalian Kami beritahu tentang orang-orang yang paling merugi dalam amal-amalnya? Yaitu mereka yang sia-sia usahanya di dunia, sementara mereka merasa sudah berbuat sebaik-baiknya." (QS al-Kahf, 18:103-104).

Rahasia di balik bcrbagai amal ibadah dan muamalah seperti inilah yang dibahas dengan cukup menukik dalam buku ini. Buku ini terdiri atas empat bagian: 1) ilmu dan amal-amal lahiriah; 2) ilmu dan amal-amal batiniah: 3) akhlak-akhlak tercela yang harus dibersihkan; dan 4) akhlak-akhlak terpuji yang harus dijadikan hiasan.
Masing-masing dari empat bagian itu memiliki sepuluh cabang bahasan. Inilah sebuah buku yang sangat pantas dibaca oleh siapa saja yang ingin menapak jalan mudah menggapai hidayah dan melakukan amal-amal ibadah dan muamalah secara bermakna dan tidak sia-sia.

Sumber: http://pustakahidayah.com/catalog1/product_info.php?products_id=397

Baca Selengkapnya...

Membawa Hati Menuju Ilahi

Membawa Hati Menuju Ilahi

(terjemah dari Kitab Roudlotut Thalibin, karya Imam Ghazali)

Penerbit: Pustaka Hidayah

Harga: Rp. 39.000,-


Melalui kisah Nabi Ibrahim a.s. di dalam Alquran (QS asy-Syu'ara',26 : 69-104), Allah mengabarkan bahwa manusia yang tidak akan dihinakan pada Hari Kebangkitan dan meraih keselamatan serta kebahagiaan di akhirat kelak adalah orang-orang yang datang menghadap Allah dengan membawa hati yang tulus (qalb salim). Seperti apakah hati yang tulus itu? Dalam hal ini, secara sederhana dan mudah, bolehlah kita memahaminya sebagai hati yang sehat, tidak sakit, dan mampu menjadi "wadah" bagi segala kebaikan dan keutamaan yang bersumber dari Allah.

Betapapun juga, manusia memang tidak bisa melepaskan diri dari Allah dalam seluruh ucapan, perilaku, dan tindakannya. Agar bisa selamat dan bahagia dalam kehidupan di akhirat nanti, manusia mesti mendahulukan dan mengutamakan kehendak Allah ketimbang kehendak dirinya sendiri. Selain itu manusia juga harus membekali dirinya sendiri dengan hati yang tulus untuk sungguh-sungguh berusaha "memahami" dengan benar segenap ayat dan tanda kebesaran Allah dalam kehidupan ini.

Buku ini adalah satu dari sekian karya Imam al-Ghazali (1058-1111 M), salah seorang maestro sufi. Boleh dikata, buku ini mirip sebuah ensiklopedi tematis ringkas atau pengantar singkat memasuki dunia tasawuf. Di dalamnya, dibahas dan di uraikan sekitar 50 tema beragam semisal hati, makrifat, cinta, sabar, riya', dan lain sebagainya. Dengan menyimak dan mengkaji kandungan buku ini, Anda akan beroleh bekal lebih dari sekedar cukup dalam kehidupan ini, dan hati Anda akan ditempa menjadi hati yang tulus, sehat, dan selamat menuju hadirat Ilahi, insya Allah.

Sumber: http://pustakahidayah.com/catalog1/product_info.php?products_id=349

Baca Selengkapnya...

Menebus Dosa

Menebus Dosa

(Terjemah dari Kitab At-Taubah Ilallah Lil Ghozali)

Penerbit: Pustaka Hidayah

Harga: Rp. 45.000,-



Adalah kenyataan sejarah bahwa Nabi Adam a.s., Bapak Umat Manusia, tergelincir dalam perbuatan dosa. Karenanya, jika manusia tergelincir dalam dosa seperti bapaknya, maka itu merupakan "kebiasaan yang
diwarisi sejak dulu." Namun, bila sang bapak menambal setelah memecahkan, membangun setelah menghancurkan, bertobat setelah berbuat dosa, hendaklah hal itu juga dijadikan teladan, sehingga peniruan dilakukan dalam kedua sisinya: positif dan negatif.

Sesungguhnya Adam a.s. telah menggeretakkan gigi penyesalan kepada Allah atas apayang telah dilakukannya. Maka, orang yang bertobat sesungguhnya telah menegakkan argumentasi atas keabsahan garis keturunannya kepada Adam dengan cara tetap berpegang pada batasnya sebagai manusia. Sementara itu, orang yang terus-menerus berkubang dalam dosa dan kezaliman berarti mencatatkan dirinya pada garis keturunan setan.

Tobat adalah jalan yang wajib ditempuh oleh setiap manusia, mengingat tak seorang pun dapat terhindar dari dosa. Tobat adalah juga kewajiban yang harus segera dilakukan, mengingat tak seorang pun mengetahui kapan umurnya berakhir. Inilah hakikat firman Allah: Bertobatlah kalian semua kepada Allah, wahai orang-orang beriman, agar kalian beruntung. Ini karena tobat berarti kembali dari jalan yang menjauhkan diri dari Allah menuju jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya.

Buku ini membahas ihwal pengertian tobat, dosa-dosa yang perlu ditobati, syarat-syarat diterimanya tobat, dan cara menghindari pengulangan perbuatan dosa. Seperti biasanya, Imam al-Ghazali selalu menyentuh pembahasan yang sering kali luput dari perhatian para ulama lainnya.

Sumber: http://pustakahidayah.com/catalog1/product_info.php?products_id=178

Baca Selengkapnya...

Menyingkap Hati Menghampiri Illahi : Ziarah Ruhani Bersama Imam Al-Ghazali

Menyingkap Hati Menghampiri Illahi : Ziarah Ruhani Bersama Imam Al-Ghazali

(Terjemah dari kitab Mukasyafatul Qulub, Karya Imam Al-Ghazali)

Penerbit: Pustaka Hidayah

Harga: Rp. 64.000,-


Di tengah badai ketidakpastian dan guncangan kehidupan di dunia ini, kembali kepada hal yang paling primordial
atau fitrah adalah penting bagi seorang Muslim. Di sini, religiusitas dan juga spiritualitas seolah menemukan kembali momentumnya. Hanya saja, sikap keberagaman yang selama ini dibungkus oleh ritus-ritus ibadah yang kering tanpa "ruh" menjadi tak ada artinya.Yang ada hanyalah ritualisme kosong yang bisa menjebak pelakunya dalam simbolisme semata. Sebaliknya spiritalisme murni dengan mengesampingkan aspek syariat yang lebih luas juga hanya akan menjadi wujud lain dari eskapisme di tengah ketidakberdayaan menghadapi realitas.

Dalam kondisi seperti ini, "ziarah ruhani" dalam rangka "menghampiri Ilahi" dengan menempuh jalan eksoteris maupun esoteris agama menjadi signifikan. Sebab, hanya dengan kedekatan kepada Ilahi sajalah seluruh problem yang dihadapi
akan bisa diselesaikan dengan pertolongan-Nya. Untuk tujuan itulah buku ini hadir. Dengan keluasan ilmunya yang mumpuni, Imam al-Ghazali kali ini mengajak kita untuk melakukan "ziarah ruhani" yang dimaksud. Istilah "ziarah ruhani"
tidaklah dimaksudkan untuk menafikan aspek eksoteris agama, tetapi semata-mata agar apa yang kita lakukan berupa ekspresi lahiriah dari rutinitas keagamaan kita benar-benar produktif, bernilai, dan tidak kering, sehingga diharapkan mampu mengantarkan diri kita menghampiri Allah, Sang Pencipta.

Buku ini sarat dengan paparan ihwal bagaimana seharusnya setiap individu Muslim mempraktikkan amalan-amalan
lahiriah maupun batiniah. Penulisnya mengajak setiap pembaca untuk secara serius menjelajah setiap persoalan-mulai hal yang "sederhana" seperti tobat yang benar, shalat yang khusyuk, zikir yang efektif, dan sebagainya hingga persoalan yang rumit seputar mengendalikan hawa nafsu, menjemput kematian dan alama kubur, serta perjalanan ke alam akhirat. Persoalan sosial politik seperti amar makruf nahi mungkar dan jihad juga tak luput dari bidikan al-ghazali.

Buku ini sangat menyentuh kalbu.

sumber: http://pustakahidayah.com/catalog1/product_info.php?products_id=192

Baca Selengkapnya...

Perisai Gaib: Shalawat, Dzikir, Doa-Doa, Hizib, dan Amalan

Perisai Gaib: Shalawat, Dzikir, Doa-Doa, Hizib, dan Amalan

(Terjemah Kitab Basya'irul Khairat, Al Isti'anah, Wirid Da'watul Jalalah, Wirid Li-Dzahabit-Ta'ab, Hizbun Nashr, karya Syaikh 'Abdul Qadir Jaelani)

Penerbit: Pustaka Hidayah

Harga: 44.000,-


Tidak seperti karya-karya Syaikh 'Abdul Qadir Jaelani lainnya, buku ini tidak berbicara mengenai kewaspadaan terhadap dunia, tahap-tahap perjalanan spiritual, atau keharusan menerima ketetapan Allah SWT. Kali ini Sang Syaikh Agung lebih banyak "berbicara" melalui shalawat, doa, wirid, dan hizib sebagai perisai gaib kaum Mukmin.Di antaranya:

• Shalawat yang beliau beri nama Basya'irul Khairat (Kabar Gembira mengenai Berbagai Kebaikan);
 • Doa Al-lsti'anah (Doa Tawassul kepada Syaikh Abdul Qadir al-Jaelani);
• Wind Da'watul-Jalalah;
• Rijalul Ghaib (Salam Syaikh kepada para Wali Allah di Alam Gaib);
• Doa untuk Menghilangkan Rasa Letih;
• Wirid Subuh;
• Hizbun-Nashr (Hizib untuk Memohon Pertolongan dalam Menghadapi
Musuh).

Selain hal-hal di atas, ada sebuah bagian dari buku ini yang amat jarang kita jumpai pada karya-karya beliau lainnya yang menjadikan buku ini amat istimewa. Bagian itu adalah Risalah al-Ghautsiyyah, yakni sebentuk dialog antara Syaikh 'Abdul Qadir al-Jailani dengan Allah SWT melalui ilham qalbi atau kasyf ma'nawi. Di situ Allah menerangkan berbagai hal tentang rahasia alam Nasut, Malakut, Jabarut, dan Lahut; juga mengenai hakikat kefakiran, surga dan neraka, kedekatan dengan Allah, puasa, shalat dan mengenai hamba-hamba Allah yang didekatkan kepada-Nya.

Sumber: http://pustakahidayah.com/catalog1/product_info.php?products_id=384

Baca Selengkapnya...

Islam Happy Ending

Islam Happy Ending

(terjemah kitab Adabud Dunya Waddin, karya Abû al-Hasan Ali bin Muhammad bin Habib Al-Mawardi)

Penerbit: Pustaka Hidayah

Harga: Rp. 99.000,-


Apakah Anda percaya sebuah buku dapat mengubah hidup seseorang? Adakah yang menghalangi Anda sehingga semua huruf yang Anda baca seolah-olah tidak menempel dalam benak Anda? Rasul bersabda, "Ada dua orang yang akan menghancurkan umatku yakni, orang berilmu yang jahat dan ahli ibadah yang bodoh. Orang paling jahat adalah ulama yang senang berbuat kerusakan."



Setiap orang membutuhkan ilmu yang akan membawa kepada kebahagiaan. Dalam buku ini Anda akan menemukan kekuatan nasihat-nasihat tentang pelbagai hal yang disampaikan oleh Baginda tercinta-Nabi Muhammad saw., Imam 'Alî bin Abî Thâlib, 'Umar bin al-Khaththâb, Abû Bakar, Sastrawan, Penyair, Ahli bahasa, Ahli Tafsir dan Ulama. Buku ini akan memberi kemantapan kepada Anda atas Islam yang Anda yakini, sehingga tanpa ragu Anda akan menjadikan Islam sebagai 'jalan hidup' sekaligus 'jalan mati' Anda.



Buku ini akan menjadi mitra pengetahuan Anda, agar selalu rela menerima Islam sebagai agama yang benar, dan agar akhir perjalanan hidup Anda Happy Ending - mati dalam keadaan Islam (khusnul khatimah).

&

Abû al-Hasan 'Alî bin Muhammad bin Habîb al-Mawardî atau yang lebih dikenal dengan al-Mawardî adalah seorang intelektual. Ia termasuk tokoh terkemuka, pemikir dan peletak dasar keilmuan politik Islam di zaman Abbasiyah. Ia pernah menjadi qadhi (hakim). Lahir di Baghdad 386 H/975 M, Al-Mawardî menguasai ilmu-ilmu agama, hadis, fiqih, politik, filsafat, etika dan sastra. Al Mawardi menempati kedudukan yang penting di antara sarjana-sarjana Muslim.

sumber: http://pustakahidayah.com/catalog1/product_info.php?products_id=325

Baca Selengkapnya...

Fiqih Tasawuf

Fiqih Tasawuf

(Terjemah dari kitab Al-Ghunyah li Thalibi Thariq al-Haqq fi al-Akhlaq wa at-Tashawwuf wa al-Adab al-Islamiyyah, Karya Syaikh Abdul Qadir Jailani)

Penerbit: Pustaka Hidayah

Harga: Rp. 59.000,-


Inilah sebuah karya yang komprehensif tentang fiqih, etika, dan tasawuf dalam Islam. Sesuai dengan judul aslinya, Al-Ghunyah, buku ini kaya dengan pesan-pesan religius Syaikh Abdul Qadir al-Jailani.

Buku ini di awali dengan prosesi keislaman, yakni beberapa hal yang harus dilakukan ketika seseorang hendak masuk Islam. Dalam bagian berikutnya, Syaikh Abdul Qadir memaparkan aspek akidah, berbagai konsep keimanan yang harus diyakini dan diketahui oleh setiap mukmin. Setelah itu dipaparkan masalah Ibadah, muamalah, dan doa-doa.

Setiap aspek dalam Islam harus dengan senantiasa disertai dengan etika, baik dalam hubungan vertikal (manusia - Allah) maupun dalam hubungan horizontal (manusia - manusia/sesama makhluk). Menurutnya, etika atau akhlak tak bisa dilepaskan dari semua aspek kehidupan manusia.

Syaikh Abdul Qadir al-Jailani selalu mendasarkan pendapat-pendapatnya pada nashsh-nashsh keagamaan yang valid. Bila tidak mendapatkan dalil dari Qur'an dan hadits, Syaikh menyandarkan pendapatnya pada riwayat dari para sahabat dan tabi'in yang terpercaya.
Baca Selengkapnya...

Pengobatan Cara Nabi

Pengobatan Cara Nabi

Oleh: Jalaludin As-Suyuthi

Penerbit: Pustaka Hidayah

Harga: Rp. 49.000,-


Ditulis kira-kira hampir lima ratus tahun lalu, buku ini menyuguhkan pengetahuan tentang pengobatan—yakni, pemahaman ihwal berbagai sebab penyakit dan cara penyembuhannya—yang telah hilang dari tangan mereka yang pernah memilikinya atau mungkin belum ditemukan oleh mereka yang tidak mampu menjangkaunya.
Sang penulis mengemukakan uraian dan paparan rinci tentang berbagai penyakit jasmani dan ruhani berikut obat-obatnya. Semuanya ini digali dari Alquran dan hikmah Nabi Muhammad saw. yang bersabda, "Allah tidaklah menciptakan suatu penyakit tanpa menciptakan obatnya pula—kecuali kematian." Rasulullah saw. juga
bersabda, "Salah satu di antara sunnahku adalah pengobatan."

Penulis buku ini, Jalaluddin 'Abdurrahman as-Suyuthi, yang juga dikenal sebagai seorang ulama dan penulis prolifik Muslim dalam bidang tafsir Alquran, hadis, dan ilmu-ilmu Islam lainnya, menjelaskan bahwa pengetahuannya tentang pengobatan tidak hanya bersifat akademis semata, melainkan juga didasarkan pada praktik dan pengalaman yang cukup baik. Dari penuturannya, juga jelas bahwa seni pengobatan dan bakat mengobati bukanlah sekadar hasil dari pengalaman dan nasib baik, melainkan juga ilmu yang diilhamkan oleh-Nya, yang sesungguhnya merupakan rahmat dan takdir Allah: Dan manakala aku sakit, Dia menyembuhkanku. (QS 26:80).

diambil dari: http://pustakahidayah.com/catalog1/product_info.php?products_id=223

Baca Selengkapnya...