Yuk, berbisnis dg 0 Rupiah!
silakan klik link berikut:


Pesan Buku/Kitab?
SMS & WhatsApp : 0812 8625 1777
e-mail: r.rusmanto@gmail.com https://www.tokopedia.com/tb-albarokah ___________________________

Menelaah Pemikiran Agus Mustofa


Menelaah Pemikiran Agus Mustofa

Koreksi Terhadap Serial Buku Diskusi Tasawuf Modern

Oleh: A. Qusyairi Ismail & Moh. Achyat Ahmad

Penerbit: Pustaka Sidogiri

Harga: Rp. 80.000,-


Ada dua poin penting yang menjadi isi kandungan buku ini. Pertama, buku ini 'membantu' merumuskan teori-teori pemikiran yang dibangun oleh Agus Mustofa dalam seluruh serial buku diskusi tasawuf modern. Sebab dalam melakukan kajian, Agus Mustofa tidak merumuskan suatu teori pemikiran apapun yang dianutnya, selain "metode puzzle" yang masih teramat global, dan tidak cukup memadai untuk dapat memahami jalan pemikiran beliau secara utuh.

Hal ini penting dilakukan, sebab teori berpikir merupakan representasi dari suatu keyakinan yang terpendam dalam diri setiap penulis, termasuk Agus Mustofa. Karenanya setiap pemikiran yang dilontarkan oleh Agus Mustofa pada dasarnya merupakan pantulan dari keyakinan-keyakinan tertentu (ideologi) yang beliau yakini akan kebenarannya secara absolut.

Kedua, buku ini melakukan pembedahan ulang terhadap tema-tema fundamental dalam islam yang dibedah oleh Agus Mustofa dalam setiap serial buku diskusi tasawuf modern. Buku ini kembali mengkaji tema-tema itu secara ilmiah, dengan mendasarkannya pada rujukan-rujukan yang otoritatif, lalu menunjukkan titik-titik kelemahan pemikiran Agus Mustofa dan ketidak-absahan kesimpulan-kesimpulan beliau yang tertuang dalam serial buku diskusi tasawuf modern.

Sebab, bagaimanapun, tema-tema yang diangkat dalam serial buku diskusi tasawuf modern adalah tema-tema fundamental dalam Islam yang termasuk dalam kategori metafisik, seperti alam akhirat, surga, neraka, penciptaan, takdir, pahala, siksa, perjalanan spiritual Nabi, dan semacamnya, sehingga kesimpulan pemahaman terhadapnya akan janggal jika pendekatan kajian yang digunakan tidak memadai, apalagi cacat, secara ilmiah.

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment

silakan isi komen atau pesan saran di bawah ini...