Pesan Buku/Kitab?
SMS & WhatsApp : 0812 8625 1777
Pin BB : 73E49DB5
e-mail: r.rusmanto@gmail.com ___________________________

28 December 2009

Terjemah & Penjelasan Kitab BIDAYATUL HIDAYAH


Terjemah & Penjelasan Kitab BIDAYATUL HIDAYAH

Karya: Abu Hamid Muhammad Al-Ghazali

Alih Bahasa Oleh: Yahya Al-Mutamakkin

Penerbit: Karya Thoha Putra

Tebal: xxviii + 292 hal.

Harga: Rp. 25.000,-



Dalam pengantarnya, penterjemah berkisah bahwa gurunya di kota Madinah berkata "Barang siapa ingin mendekat kepada Allah dengan amal ibadah, maka hendaknya ia membaca dan mengamalkan kandungan kitab Bidayatul Hidayah karya Imam Ghozali ra.".

Penterjemah mendengar dari Abahnya sendiri, di Desa Truwolu Purwodadi bercerita; mBah KH. Zaenuddin Mojosari Nganjuk, seorang ulama sufi yang kharismatik pada tahun lima puluhan adalah seorang ulama yang gemar membaca Al-Qur'an, bisa dikatakan wiridannya adalah Al-Qur'an. Yang unik dari beliau selain itu ialah, bahwa didalam pegajarannya kepada para santri di pesantren, beliau hanya mengajarkan kitab Bidayatul Hidayah.
Jika menyelesaikan Kitab itu, maka diulangi lagi, hal itu selalu dilakukan oleh beliau berkali-kali hingga kitab itu diajarkan puluhan kali. Seseorang bertanya kepada beliau, "Wahai Kiai, kenapa engkau hanya mengajarkan kitab Bidayah (permulaan hidayah) bukankah ada kitab-kitab yang lain?". Beliau tersenyum lalu berkata, "Kitab ini (bidayah) adalah pemula hidayah, penuh dengan bimbingan untuk mendekat kepada Allah, dan mencakup semua hal yang pokok dalam urusan ibadah. Kami selalu mengajarkannya dan belum mengamalkan isinya. Jika kitab kecil yang pemula saja kta belum bisa mengamalkan isinya, kenapa kita mengkaji kitab yang lainnya. Sesungguhnya manfaat ilmu adalah untuk diamalkan".

Al-Imam Habib Ahmad bin Hasan Al-Athos berkata, "Barang siapa ingin unggul dan terdepan dalam mendekat kepada Allah SWT, maka hendaknya ia gemar membaca buku ulama salaf, dan sesungguhnya kaum salaf sangat mencintai karya Imam Ghozali. Terutama kitab beliau yang berjudul Bidayatul Hidayah dan Ihya' Ulumiddin".

Buku terjemahan ini dilengkapi dengan naskah asli kitab bidayah yang berbahasa arab, tujuannya adalah agar membantu para santri disaat mempelajarinya bersama para ustad dan kiai. Penulisan teks arab tersebut merujuk kepada naskah Bidayah yang diterbitkan oleh Syarikah Daar Haafidz lin-Nasyr wat-Tauzi', Jedah Cet. I Tahun 1992 M.

Untuk mempermudah pemahaman kitab Bidayatul Hidayah, terjemahan ini dilengkapi dengan penjelasan sederhana dan keterangan yang seperlunya. Gaya bahasanya juga disesuaikan dengan bahasa zaman ini agar mudah dipahami. Ditambahkan pula didalamnya biografi Imam Ghazali secara ringkas agar lenih bermanfaat kepada para pembacanya.

Selamat membaca...

Artikel Terkait:

1 comment:

  1. Saya telah mengikuti ta'lim buku ini langsung dengan penterjemah buku ini yaitu :

    KH. Ust. Yahya Bin Abdul Wahid Bin Muhammad Dahlan - AL MUTAMAKKIN

    yang sekaligus guru/kyai saya di pondok pesanter Madinah Munawwaroh Banyumanik Semarang.

    Sangat bermakna dan penuh wawasan yang luas.

    ReplyDelete

silakan isi komen atau pesan saran di bawah ini...