Yuk, berbisnis dg 0 Rupiah!
silakan klik link berikut:


Pesan Buku/Kitab?
SMS & WhatsApp : 0812 8625 1777
Pin BB : 73E49DB5
e-mail: r.rusmanto@gmail.com https://www.tokopedia.com/tb-albarokah ___________________________

mBah Wahab Hasbullah; Kiai Nasionalis Pendiri NU

mBah Wahab Hasbullah; Kiai Nasionalis Pendiri NU


oleh: KH. Saifuddin Zuhri

Penerbit: Pustaka Pesantren

Harga: Rp. 41.000,-


Siapakah Mbah Wahab Hasbullah? Dialah kiai dari sebuah desa kecil yang jauh sebelum Sumpah Pemuda dideklarasikan, ketika organisasi-organisasi kepemudaan masih bercorak kedaerahan, justru memilih mendirikan organisasi yang mencerminkan semangat nasionalisme: Nahdlatul Wathan (Kebangkitan Tanah Air, 1916) dan Syubbanul Wathan (Pemuda Tanah Air, 1924).

Ketika para kiai diberbagai daerah, termasuk Hadratus Syaikh KH. Hasyim Asy'ari, ditangkap dan dipenjarakan oleh tentara Jepang, Mbah Wahab-lah yang maju menentang mempertaruhkan nyawa dan melakukan diplomasi dengan penjajah hingga sebagian besar kiai dibebaskan. Ketika terjadi ketegangan dan pemberontakan PKI, melalui NU dan bersama-sama kiai lain, dengan kecerdasan luar biasa, Mbah Wahab-lah yang mampu mengimbangi propaganda dan siasat licik kaum komunis itu.

Buku kecil ini merangkum sejarah perjuangan seorang besar yang namanya tidak banyak disebut-sebut dalam buku sejarah perjuangan bangsa. Buku ini semakin penting karena ditulis oleh KH. Saifuddin Zuhri, saksi hidup yang pernah menemani perjuagan Mbah Wahab Hasbullah, sehingga mampu merekam detil-detil semangat dan laku lampah "Sang Kiai Nasionalis Pendiri NU" itu.

Artikel Terkait:

1 comment:

  1. mantab dan bagus banget nich blognya, kunjungan balik ya bro di download ebook gratis

    ReplyDelete

silakan isi komen atau pesan saran di bawah ini...