Yuk, berbisnis dg 0 Rupiah!
silakan klik link berikut:


Pesan Buku/Kitab?
SMS & WhatsApp : 0812 8625 1777
Pin BB : 73E49DB5
e-mail: r.rusmanto@gmail.com https://www.tokopedia.com/tb-albarokah ___________________________

Rahasia Di Balik Ibadah Sunnah

Rahasia Di Balik Ibadah Sunnah

Oleh: Ahmad Djazuli

Penerbit: Darul Hikmah

Tebal: 254 hal

Harga: Rp. 35.000,-


Dalam ibadah yang wajib pun ada juga yang sunnah. Kalau kita bandingkan, ibadah sunnah lebih banyak jumlahnya daripada ibadah wajib. Dalam shalat, kalau dibandingkan yang disunnahkan lebih banyak dari pada yang diwajibkan. Yang wajib dalam shalat itu, kalau melihat rukun shalat, ada 13 dan ada yang mengatakan 18. Selebihnya, sunnah-sunnah dalam shalat yang jumlahnya tak terhitung. Dalam wudlu, yang sunnah lebih banyak dari pada yang wajib. Yang wajib hanya empat, yaitu membasuh muka, membasuh tangan hingga siku, mengusap kepala, dan membasuh kaki. Selebihnya, seperti berkumur-kumur, membersihkan hidung, mengulang sebanyak tiga kali, dan lain-lain, adalah sunnah.

Amalan sunnah tersebut sebagai amalan yang berkaitan dengan hak seorang hamba. Kalau seseorang senang melakukan sunnah, berarti ia senang memenuhi hak dirinya. Sebaliknya jika seseorang tidak suka melakukan yang sunnah, berarti ia tidak senang memberikan untuk hak dirinya. Selain itu didalam ibadah sunnah ada banyak rahasia dan hikmah yang bias dirasakan langsung oleh orang yang melakukannya.

Karena itulah Allah memberikan pilihan pada hambanya untuk mengerjakan atau tidak, terserah. Beda dengan yang wajib, itu adalah hak Allah, sehingga seseorang yang tidak mau mengerjakan yang wajib, berarti ia enggan menunaikan hak Allah.

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment

silakan isi komen atau pesan saran di bawah ini...