Yuk, berbisnis dg 0 Rupiah!
silakan klik link berikut:


Pesan Buku/Kitab?
SMS & WhatsApp : 0812 8625 1777
Pin BB : 73E49DB5
e-mail: r.rusmanto@gmail.com https://www.tokopedia.com/tb-albarokah ___________________________

Pena Umat

Pena Umat

Solusi Problematika Umat ala MADZHAB Al-ARBA'AH

Oleh: Team AHLA NAWA 2013

Penerbit: AHLA NAWA

Harga: Rp. 75.000,-

Buku yang disusun oleh tim pembukuan (Ahla Nawa '13 M) dengan judul "Pena Umat" adalah sebuah buku yang dapat menjadi solusi terbaik. Sebab selain buku ini belum pernah diterbitkan oleh tim bahtsul masail sebelumnya, buku ini juga memuat pendapat dari seluruh ulama Madzhab Arba'ah, Sehingga buku ini memiliki wawasan yang luas dalam menyikapi dan menjawab problematika yang terjadi di masyarakat.
KH. Ahmad Idris Marzuqi Pengasuh Pon. Pes. Lirboyo

Terbitnya buku dengan judul "Pena Umat" yang disusun oleh tim pembukuan Ahla Nawa purna siswa Madrasah Hidayatul Mubtadi-ien Pon. Pes. Lirboyo kediri tahun 2013 M. ini sedikit banyak akan dapat memberikan berbagai solusi dari problematika yang terjadi dalam masyarakat. sebab, setelah kami telaah, selain memuat permasalahan - permasalahan aktual kekinian, buku ini juga dilengkapi dengan berbagai pendapat dari Madzhab al Arba'ah yang sangat dibutuhkan di zaman sekarang ini.
K. A. Fauzi Hamzah Syams Mushahih "Pena Umat".


Daftar isi
• Dari Redaksi
• Kata Pengantar
• Sambutan Dewan Rois LBM Pon. Pes Lirboyo
• Sambutan Mushahih
• Sambutan Dewan Mustahiq Purna Siswa III Aliyah MHM 2013
• Taqlid Dan Talfiq
• Daftar Isi
BAB AL-QUR'AN (Problems in Around Al-Qur'an)
1. Standar lupa hafalan al-Qur'an 01
2. Nulis al-Qur'an pas hadast 02
3. Al-Quran berta'liq 03
4. Tulisan al-Quran usmany 04
5. Mengeja al-Quran dalam proses belajar 08
6. Mengajarkan baca al-Quran kepada non muslim 09
7. Belajar tajwid 10
8. Tradisi hataman al-Quran bergaji 11
BAB MASJID (problems related To mosque)
1. Haid berdiam di Masjid 13
2. Makan di Masjid 14
3. Tidur di Masjid 15
4. Orang non muslim masuk Masjid 17
5. Meminta bantuan dana untuk pembangunan Masjid 18
6. Mengunci Masjid 19
7. Pengurus Masjid beli tanah 20
8. Mengajar ngaji anak-anak kecil di Masjid 22
9. Ngobrol di Masjid 23
10. Menjual remukan Masjid 24
ll. Pemanfaatan air Masjid 25
12. Wakaf uang untuk masjid 26
BAB BERSUCI (Problems Related To Cleaning Bofore Praying)
1. Minyak wangi mencampuri air 29
2. Air tercampur sabun 30
i. Debu diganti sabun 31
A. Mengembalikan air bekas berkumur 33
5. Air aquarium 33
6. Bangkai ikan dalam air 34
7. Air hasil proses pengolahan 34
8. Kotoran di bawah kuku 35
9. Waktu memperbaharui wudlu 37
10. Batas persentuhan lawan jenis 39
11. Wudlu di WC 41
12. Bedak terlalu tebal 43
13. Solusi bagi sohibul jabair 44
BAB NAJASAH (Problems Related To Excrement)
1. Pipa gading gajah 46
2. Semut diangkat malah jatuh lagi 46
3. Darah pada daging 48
4. Makan ikan plus kotorannya 49
5. Air liur orang tidur 50
6. Cara mensucikan minyak dari najis 52
7. Ikan asin 54
8. Mencuci menggunakan sabun 56
9. Najis dihilangkan dengan digosok 57
10. Bulu-bulu yang masih tersisa pada kulit bangkai 58
BAB SHOLAT (Problems Related To Religious Service Of Praying)
1. Rambut menutupi anggota sujud 60
2. Sujud tanpa sebab 61
3. Sakit keras gak bisa sholat 62
4. Wanita dagunya terbuka 64
5. Mempeng sampai lupa sholat 65
6. Sholat pakaian tipis 66
7. Tidur setelah masuk waktu sholat 66
8. Membangunkan orang tidur 68
9. Junub tetap sholat kerono isin (karena malu) 69
10. Mengqodlo'i sholat dan puasa yang ditinggal sengaja 70
11. Gerakan lebih tiga kali 72
12. Preman taubat 74
13. Sholat kehujanan 75
14. Sholatnya orang daerah kutub 76
15. Sholat dhuhur diwaktu ashar 78
16. Barat kiblat Indonesia 79
17. Tragedi imam deso 80
BAB JAMA'AH (Problems Related To Religious Service Of Praying Together)
1. Imam fasik 82
2. Mengikuti gerakan imam gak niat makmum 83
3. Makmum dan imam terhalang tembok 85
4. Ma'mum tidak dengar bacaan fatihah imam 86
5. Shof awal 88
6. Mengeraskan takbir 90
7. Cewek menjadi imam cowok 92
BAB JUM'AT (Problems Related To Friday's Praying)
1. Pegawai sibuk sampai gak jum'atan 94
2. Ta'adud jum'at 94
3. Dilema ritual jum'at kurang dari 40 orang 97
4. Hari jum'at pas lebaran 99
5. Cewek ikut jum'atan, sholat dhuhur nggak? 100
6. Sholat Jum'at lalu sholat ghoib 101
7.Berpergian di hari jum'at 103
8. Meninggalkan jum'at karena toleransi 104
9. Eksistensi muroqi 106
BAB ADZAN DAN SHOLAT SUNAH (Problems Related To Adzan and Fomentation Praying)
1. Adzan seribu suara 109
2. Menjawab adzan dari speaker 110
3. Sholat ied di lapangan Ill
4. Tarawih 4 roka'at satu salam 113
5. Qodlo' campur sunnah 115
6. Tarawih malah qodlo' 116
7. Wajib belum disaur malah sholat sunnah 117
8. Tahajud sebelum tidur 119
9. Cewek ikut sholat ied 120
10. Sholat rebo wekasan 122
BAB JAMA' QOSOR
1. Lungo maksiat 123
2. Lungo parek tapi jama' sholat 123
3. Jama' di rumah 125
4. Terlanjur jama' tak jadi pergi 126
5. Mualah dalam jama' taqdim 127
BAB JENAZAH (Problems Of Which Related To Corpse)
1. Mekanisme tajhiz mayat kebakaran 129
2. Mati suri 130
3. Kuburan darurat 132
4. Membongkar kuburan 133
5. Slametan pakek harta mayit 137
6. Membangun kuburan 138
7. Pemakaman masal bermasalah 140
8. Wasiat dikubur dekat kiai 142
9. Harta gono gini 143
BAB ZAKAT (Problems Of Which Related To Tithe)
1. Shodaqoh barang zakat 144
2. Panitia zakat fitrah 145
3. Parameter kaya miskin 146
4. Dua bagian zakat untuk satu orang 150
5. Zakat untuk sang kiyai 151
6. Zakat kembali lagi 152
7. Klaim kesalahan amil mencampur zakat 153
8. Zakat fitrah dengan uang 154
9. Memindah zakat 156
10. Kadar zakat fitrah 158
ll. Zakat untuk Masjid 158
12. Zakat untuk kedua orang tua 159
13. Panitia menjual beras zakat 160
14. Jual hasil panenan sebelum zakat 161
15. Ta'jil zakat 164
16. Zakat modern 165
17. Mengakhirkan zakat 166
18. Pupuk mahal mengurangi prosentase zakat 168
BAB PUASA (Problems Of Related To Fasting)
1. Taqlid berantai 171
2. Berak saat puasa 173
3. Puasa puasa suntik 173
A. Telinga kemasukan air 174
5. Memperlambat haid 176
6. Jual makanan saat puasa 176
7. Mencicipi makanan saat puasa 178
8. Pekerjaan berat memberatkan puasa 178
9. Cara mengetahui lailatul qadar 180
10.Puasa gak pakek buka 181
ll.Lebaran duluan 181
12.Melihat hilal dengan teleskop 183
l3.Lupa niat puasa 184
14.Tadarusan di malam ramadlan 185
15.Tradisi tabuh-tabuh saat saur 188
16. Metode bayar fidyah 190
BAB HAJI (Problems Of Related To Pilgrimage To Meccah)
1. Belum haji menghajikan orang lain 192
2. Pembatasan calon jamaah haji 194
3. Menjaga wudhu tetap thowaf 195
4. Ihrom pake kacamata 196
5. Keluar haidl saat thowaf 197
BAB AQIQOH DAN QURBAN
1. Qurban bareng aqiqoh 200
2. Menjual kulit hewan qurban 202
3. Qurban kedaerah lain 204
4. Arti kata "ini qurbanku" 205
5. Qurbannya orang fakir 207
6. Qurban nadzar untuk jamuan pernikahan 208
7. Makan daging nadzar 209
8. Dilema qurban atas nama orang rrvati 212
9. Pemberian nama sebelum kelahiran 213
10. Nama-nama yang dilarang syar'i 214
11. Nama terbaik anak 216
BAB MENYEMBELIH (Problems Of Related To Butchery)
1. Menyembelih hewan sampai kepalanya putus 219
2. Nyembelih putus hulkum saja 219
3. Berburu burung dengan shot gunes 221
4. Menyemblih dengan mesin 223
BAB BISNIS/JUAL BELI (Problems Of Related To Purchasing And Sale)
1. Jual beli ala malikiyah 224
2. Permak garansi 225
3. Standar helah 229
4. Pembayaran dengan transfer dalam bisnis 232
5. Jual pupuk kandang 233
6. Telur bergizi 235
7. Menjual asi 237
8. Menjaul barang kadaluarsa 238
9. Kes dan kredit 240
10. Jual kelapa plus kulit luarnya 241
ll. Jual tokek 242
12. Tradisi makan di warung ala kang santri 244
13. Menjual profesi 245
14. Hak cipta 246
15. Jual beli anak kecil 248
BAB IJARAH DAN GADAI (Problems Of Related To Operational Renting And Pawning)
1. Gaji PNS 250
2. Pombantu cewek 252
3. Nggandoh sapi 253
4. Upah makelar 255
5. Gaji PNS saat libur 257
6. Pemanfaatan barang gadaian 257
7. Konsekwensi menggunakan barang gadaian 261
8. Mafia proposal 261
9. Pekerjaan tukang 262
BAB HIBAH PINJAMAN DAN HUTANG
1. Pinjam motor wajib ngisi bensin gak 265
2. Alokasi dana donatur 267
3. Memberi uang pengamen 270
4. Disangoni kon gawe tuku permen 271
5. Kertas surat 272
6. Mangga tetangga 273
7. Shodaqoh anggota badan 274
8. Hutang bank 276
BAB GHOSOB (Problems Of Related To Borrowing Without Permission)
1. Ceperan pak sopir 279
2. Ikut makan tidak ikut iuran 280
3. Anak burung dipekarangan tetangga 281
4. Sandal dighosob 283
5. Rumput tetangga lebih hijau 284
BAB NIKAH (Problems Of Related To Married And Household)
1. Cincin berdarah 287
2. Kekerasan rumah tangga 288
3. Suami pergi istri nikah lagi 290
4. Sumpah setia 292
5. Gagalkan pertunangan 293
6. Dilema wanita iddah yang kebelet nikah 293
7. Menikahi wanita hamil 295
8. Kewajiban mencuci, memasak dan menyapu 298
9. Anak yang dilarang ortunya ikut suami 298
10. Cewek di MALL 300
11. Cowok dilamar cewek 302
12. Mengantar jenazah suami 304
13. Iddah wanita karir 305
14. Kembar siam dan hukum pernikahannya 308
15. pengosongan kandungan 310
16. menolak dinikahkan 312
17. undangan walimatul 'urs 313
18. memperbarui aqad nikah 313
BAB HUKUM NEGARA (Problems Of Related To State Law)
1. Gosip mesum 315
2. Menyita barang yang kadaluarsa 316
3. Penyelewengan Kades dan Kadus 318
4. Ta'zir dengan uang 322
5. Mengangkat guru amatir 324
6. Ekskusi tembak jantung 325
7. Pungli 326
8. Hukum ujian 337
9. Takzir guyuran 329
BAB MEDIS (Problems Of Related To Medical In This Life)
1. Konsultasi haidl kodokteran 331
2. Back to virgin 332
3. Pecandu narkoba 334
4. Aborsi 335
5. Menghilangkan tato 336
6. Donor darah 339
7. Imunisasi 340
8. Obat obatan terkontaminasi babi 341
9. Waktu wajib khitan 343
10. Asuransi kesehatan 345
11. Membakar hewan yang terkena flu burung 350
l2. Persepsi haid 353
BAB GAYA HIDUP DAN KESEHARIAN (Problems Of Related To Life Style And All Day Long)
1. Cowok bergaya cewek 355
2. Tepuk tangan 356
3. Belajar sambil tiduran 357
4. Memukul anak yang bandel 357
5. Mencium tangan orang sholeh 358
6. Bercanda yang legal 360
7. Mengutuk orang lain 361
8. Jabat tangan setelah sholat 363
9. Batasan ngemis yang dilarang 365
10. Baca Koran 367
ll. Merubah nama 368
12. Fotografi 369
13. Curhat 370
14. Memanggil ayah dengan namanya 372
15. Menyampaikan salam 373
16. Bisik-bisik via sms 375
17. Baca kitab teman 379
18. Baca sms temen 380
BAB MUSIK, OLAHRAGA DAN AKSESORIS (Problems Of Related To Moezik, Sport, And Aksesoris)
1. Diba' irama dangdut 382
2. Musik pelepas lelah 383
3. Catur 384
4. Sepakbola 384
5. Joget ria 386
6. Cara memakai cincin 388
7. Tindik 390
8. Cowok pakek gelang 393
9. Gigi emas 394
BAB SUPRANATURAL (Problems Of Related To Supranatural)
1. Hipnotis 396
2. Maqom wali 398
3. Uang pembawa barkah 399
4. Tren film berbau mistik 400
5. Tragedi bus sumber kencono 401
6. Susuk 402
BAB SOSIAL DAN TOLERANSI (Problems Of Related To Tolerence And Social)
1. Kebebasan berpendapat 403
2. Proposal pada non muslim 404
3. Salam konteporer 405
4. Big sale dihari natal 407
5. Jabatan tangan ala santri 410
6. Bekerja pada non muslim 412
7. Menghormati non muslim 414
8. Salam terhadap orang non muslim 415
9. Bau kandang ayam 417
10. Tanaman tetangga menjalar 418
11. Cewek kirim salam 420
BAB SYATTA (Problems Of Mixture)
1. Fatwa haram merokok 421
2. Maulid nabi dengan karnafal 423
3. Da'i cewek 424
4. Pungutan biaya dalam perlombaan agama 425
5. Batasan menyia-nyiakan harta 427
6. Perayaan tahun baru hijriah 428
7. Manunggaling kawulo gusti 431
8. Klaim budaya bangsa 433
9. Ibadahnya orang awam 434
10. Ilmu dunia dan ilmu akhirat 436
ll. Janji 438
NAMA-NAMA ULAMA MADZHAB AL-ARBA'AH
• Syafi'iyah 439
• Malikiyyah 443
• Hanafiyyah 444
• Hanabilah 446
RUMUS FIQIH
• Daftar prosentase harta zakat 448
• Istilah jarak dalam kitab fiqh 449
• Istilah ukuran dalam kitab fiqih 450
Daftar pustaka 452

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment

silakan isi komen atau pesan saran di bawah ini...