Yuk, berbisnis dg 0 Rupiah!
silakan klik link berikut:


Pesan Buku/Kitab?
SMS & WhatsApp : 0812 8625 1777
e-mail: r.rusmanto@gmail.com https://www.tokopedia.com/tb-albarokah ___________________________

Fajar Kebangunan Ulama; Biografi KH. Hasyim Asy'ari


Fajar Kebangunan Ulama

Biografi KH. Hasyim Asy'ari


Oleh: Drs. Lathiful Khuluq, MA.

Penerbit: LKiS

Tebal: xx + 198 hal.

Harga: Rp. 32.000,-


Buku ini mengkaji pemikiran agama dan aktivitas politik KH Hasyim Asy'ari (1871-1947), pendiri Pondok Pesantren Tebuireng dan Nahdlatul Ulama. Mengingat usaha-usaha besarnya, buku ini membahas kehidupan, latar belakang pendidikan, dan lingkungan pesantren beliau untuk memahami karir dan kejadian-kejadian yang mengilhaminya. Sebagai penulis produktif, KH Hasyim Asy'ari menulis dalam berbagai bidang, termasuk teologi, sufisme, politik, dan hukum Islam. Sebagian besar karya ini akan didiskusikan dalam buku ini.

Pemikiran teologi KH. Hasyim Asy'ari mengikuti faham sunni, sedangkan praktik dan pemikiran mistik beliau sejalan dengan sufi Islam murni. Beliau telah mendorong kaum muslimin mengikuti ajaran empat madzhab sunni yang memiliki tuntunan yang benar. Dalam bidang politik, beliau mengajak kaum muslim memperkuat persaudaraan Islam. Walaupun KH. Hasyim Asy'ari menghabiskan sebagian besar waktunya mengajar di pesantren, beliau memainkan peran politik yang penting, khususnya sebagai pemimpin gabungan organisasi Islam pada masa kolonial Belanda, pendudukan Jepang, dan Indonesia merdeka serta pendukung utama kemerdekaan Indonesia pada akhir 1940-an.

Utamanya, KH. Hasyim Asy'ari dipandang sebagai pemimpin utama muslim tradisionalis sejak 1920-an sampai 1940-an, namun juga disegani kalangan muslim modernis walaupun ketika itu hubungan antarmereka kurang mengenakkan. Oleh karena itu, beliau dapat dikatakan sebagai pemimpin spiritual bagi banyak ulama, tentara dan politikus.

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment

silakan isi komen atau pesan saran di bawah ini...