Yuk, berbisnis dg 0 Rupiah!
silakan klik link berikut:


Pesan Buku/Kitab?
SMS & WhatsApp : 0812 8625 1777
Pin BB : 73E49DB5
e-mail: r.rusmanto@gmail.com https://www.tokopedia.com/tb-albarokah ___________________________

Meruntuhkan OPINI "Khurafat & Bid'ah"


Meruntuhkan OPINI "Khurafat & Bid'ah"

Oleh: Makhdum Khalid Al-Asrar

Penerbit: Darul Hikmah

Harga: Rp. 30.000,-

Tebal: 97 hal


Rosululloh bersabda: "Ketika seseorang mengkafirkan saudaranya, maka salah satunya akan kembali dengan kekafiran, jika keadaannya memang demikian. Jika keadaannya tidak demikian (saudaranya ternyata tidak kafir), maka kekafiran itu akan kembali pada orang yang menuduh". (HR. Muslim)

"Paling jeleknya perkara adalah membuat-buat hal baru dalam agama, dan setiap perkara yang baru dibuat adalah bid 'ah, dan semua bid 'ah adalah sesat". (HR. Ibnu Majah).

"Barang siapa yang membuat contoh perbuatan yang baik (yang sebelumnya belum ada) maka ia mendapatkan pahala dan pahala orang yang melakukannya dengan tanpa mengurangi sedikitpun dari pahalanya, dan barang siapa yang membuat contoh perbuatan yang jelek (yang sebelumnya tidak ada) maka ia akan mendapatkan dosanya dan dosa orang yang melakukannya, tanpa mengurangi sedikitpun dosanya". (HR Tirmidzi).

Dari hadits di atas, Rosul mengingatkan agar seseorang tidak menuduh kafir pada saudaranya, karena jika itu tidak terbukti maka ia sendiri yang dihukumi kafir, selain itu juga jangan menuduh amaliyah yang dilakukan orang lain itu bid'ah dlolalah, karena dengan memahami hadits di atas bid'ah itu ada 2, yaitu :

- Bid'ah Hasanah
Yaitu sesuatu yang belum pernah dilakukan di zaman Nabi, dan sesuatu tersebut sesuai dengan Al-Qur'an dan Hadits seperti: Pembukuan Al-Qur'an, memberi titik dan harokat Al-Qur'an, membangun pondok dan madrasah, tahlilan, maulid dll.

- Bid'ah Sayyi'ah
Yaitu sesuatu yang belum pernah dilakukan di zaman Nabi, dan sesuatu tersebut bertentangan dengan Al-Qur'an dan Hadits.

Buku "Meruntuhkan Opini Khurafat dan Bid'ah" ini berisikan landasan amaliyah, yang biasa dilakukan oleh warga NU, mulai dari tahlil, maulid, tarekat, tawassul, ziaroh dan lain-lain, dengan menyertakan dalil dari Al-Qur'an, hadits dan pendapat para ulama dari kitab-kitab yang mu'tabaroh.

Kiranya, dengan kehadiran buku ini, kesalahpahaman dan tuduhan-tuduhan kafir dan bid'ah tidak terjadi dan bagi warga NU menjadi mengetahui bahwa amaliyah yang mereka lakukan selama ini memiliki dalil dan dasar yang kuat dan kokoh baik dari Al-Qur'an dan Hadits yang jauh dari syirik, kufur dan bid'ah seperti yang selama ini mereka tuduhkan.


Artikel Terkait:

2 comments:

  1. bid'ah = dlolalah, Dlolalah yang baik...
    masa ada dlolalah itu baik....???
    padahal dalam Al-Quran kita di suruh oleh Allah berdo'a agar tidak dlolalah

    ReplyDelete

silakan isi komen atau pesan saran di bawah ini...