Yuk, berbisnis dg 0 Rupiah!
silakan klik link berikut:


Pesan Buku/Kitab?
SMS & WhatsApp : 0812 8625 1777
e-mail: r.rusmanto@gmail.com https://www.tokopedia.com/tb-albarokah ___________________________

Cahaya Penerang Jiwa; Terjemah Risalah ASWAJA Karya KH Hasyim Asy'ari

Cahaya Penerang Jiwa

Terjemah Risalah ASWAJA Karya KH Hasyim Asy'ari

Penerbit: Pustaka Tebuireng

Harga: Rp. 32.000,-

"Pada mulanya umat Islam di tanah Jawa menganut paham dan mazhab yang sama. Mereka memiliki rujukan dan sumber yang sama. Dalam bidang fikih mereka semua mengikuti mazhab yang sangat mulia, yaitu Mazhab Imam Muhammad bin Idris (as Syafi'i). Dalam bidang ushuluddin mereka mengikuti Mazhab Imam Abul Hasan as Asy'ari. Dan dalam bidang tasawuf mereka mengikuti Mazhab Imam al Ghazali dan Imam Abul Hasan as Syadzili. Mudahan-mudahan Allah SWT berkenan meridhoi mereka semua.

Kemudian pada tahun 1330 H muncul beragam kelompok dengan paham yang berlawanan, pendapat yang berseberangan dan orang-orang yang berselisih paham. Ada kelompok salafiyah (pro generasi salaf) yang setia memegang teguh tradisi para pendahulu mereka. Mereka mengikuti mazhab tertentu, memegang teguh kitab-kitab mu'tabaroh yang beredar luas di tengah masyarakat, mencintai ahlul bait, para wali dan orang-orang salih, mengharap berkah melalui mereka, baik semasa hidup maupun setelah mereka meninggal dunia, berziarah kubur, mentalqin mayit, bersedekah untuk orang yang sudah meninggal dunia, meyakini adanya syafaat, mengakui adanya manfaat doa dan towassul, dan lain-lain.

Ada kelompok yang mengikuti pendapat Muhammad Abduh dan Rosyid Ridho yang mengadopsi sebagian bid'ah yang dibuat oleh Muhammad bin Abdul Wahhab an Najdi, Ahmad Ibnu Taimiyah dan kedua muridnya, Ibnul Qoyyim dan Ibnu Abdul Hadi. Mereka mengharamkan apa yang disepakati oleh kaum muslimin sebagai sesuatu yang dianjurkan (mandub), yaitu berziarah ke makam Rasulullah SAW. Kelompok ini berseberangan dengan kaum muslimin lainnya tentang masalah tersebut dan beberapa masalah lainnya."

"Kitab ini adalah hujjah. argumen. penjelasan. dan paparan yang dapat
mendatangkan kemuliaan dan keselamatan bagi kaum muslimin. Sebab.
dalam kitab ini penulisnya telah merumuskan akidah-akidah yang shohih
ala Ahlussunnah Wal Jama'ah."
-KH, M. Ishom Hadzik, cucu Pendiri NU, Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy'ari

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment

silakan isi komen atau pesan saran di bawah ini...