Yuk, berbisnis dg 0 Rupiah!
silakan klik link berikut:


Pesan Buku/Kitab?
SMS & WhatsApp : 0812 8625 1777
Pin BB : 73E49DB5
e-mail: r.rusmanto@gmail.com https://www.tokopedia.com/tb-albarokah ___________________________

Santri Lirboyo Menjawab

Santri Lirboyo Menjawab

Majmu'ah Keputusan Bahtsul Masa-iel

Oleh: Tim Pembukuan Bahtsul Masail Kautsar Lirboyo

Penerbit: Pustaka Gerbang Lama

Harga: Rp. 60.000,-


Awalnya adalahs ebuah wahyu. Lantas diejawantahkan kedalam bahasa manusia melalui lisan Nabi Muhammad dengan perantara Malaikat Jibril. kemudian ditafsirkan secara tekstual maupun kontekstual oleh mereka yang mendapat predikat Imam Mujtahid. Selaras dengan perkembangan zaman, teks-teks itu mengalami perkembangan pula. Ia dipaparkan, dijlentrehkan, - namuntidak sampai pada taraf dipaksakan - untuk menjawab kebutuhan umat.

Adalah logis jika Imam Syafi'i mengatakan: "tidak ada sesuatu apapun yang didapati oleh manusia, kecuali ia akan menemukan ketentuan-ketentuan hukumnya dalam-AlQur'an". Dari wahyu, teks lantas dijelaskan oleh Nabi. ntuk beberapa persoalan, ditentukan menggunakan konsensus (baca: ijma')ulama, dan pada persoalan 'baru datang' yang berkarakter sama, analogi (baca: qiyas) menjadi solusinya. Jika dikupas satu persatu, sebetulnya semuanya bermuara padasatu sumber yakni, teks wahyu Illahi, Al-Qur'an.

Maka tergambarkanlahkini bagi kita sebuah mata rantai pengetahuan 'kehendak Allah' tersebut. Yakni dari ALlah, kepada Nabi Muhammad, kepada Imam Mujtahid, kepada pengikut salah satu Imam Mujtahid, hingga akhirnya kepada kita.

Buku ini - diharapkan - dapat menjadi salah satu mata rantai tersebut. Meskipun mungkin hanya sebagai mata rantai terakhir, setidaknya dapatlah dijadikan sebagai turats tsarwah fiqhiyyah (warisan kekayaan fiqh) untuk generasi yang akan datang.
Sebagai Majmu'ah keputusan bahtsul masail, buku ini dikemas dengan metode baru, tidak lagi asal menjawab pertanyaan sesuai nashshus su'aal. Namun, disertai uraian latar belakang pertanyaan dan pertimbangan-pertimbangab jawabannya. Sehingga, buku ini bukan sekadar rangkuman jawaban atas berbagai pertanyaan fiqhiyyah, namunsudah merupakan buku utuh yang sangat pantas dibaca dan dinikmati.

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment

silakan isi komen atau pesan saran di bawah ini...