Yuk, berbisnis dg 0 Rupiah!
silakan klik link berikut:


Pesan Buku/Kitab?
SMS & WhatsApp : 0812 8625 1777
Pin BB : 73E49DB5
e-mail: r.rusmanto@gmail.com https://www.tokopedia.com/tb-albarokah ___________________________

Terjemah Idhotun Nasyi'in

Terjemah Idhotun Nasyi'in

karya Asy-Syekh Musthafa Al-Ghalayain

Penterjemah: H.M. Fadlil Said An-Nadwi

Penerbit: Al-Hidayah Surabaya

Harga: Rp. 23.000,-

Buku ini merupakan terjemahan dari karya Asy-Syekh Musthafa Al-Ghalayain yang berjudul Izhatun Nasyi'in, yaitu buku yang membahas tentang akhlak, etika dan kemasyarakatan.

Buku yang ditulis oleh seorang pemikir dan reformasi ini sesuai dengan judulnya, berisi bimbingan untuk generasi muda muslim, agar menjadi individu-individu yang bersih dari sifat-sifat yang tidak terpuji, berakhlak mulia dan mengerti, bagaimana seharusnya dia bersikap menghadapi segala peristiwa yang dialami bangsanya.

Dari individu-individu seperti itulah akan terbentuk masyarakat dan bangsa (umat) yang beradab dan bermoral serta menjunjung tinggi kebenaran yang sejati, sehingga mereka menjadi bangsa yang tetap eksis. Sesungguhnya suatu bangsa itu akan hidup dan tetap hidup, selama mereka bermoral dan beradab, jika moral bangsa itu bejat, maka hancur dan binasalah mereka.

Umat Islam yang dulu pernah menjadi bangsa atau umat yang kuat dan berwibawa, kini justru menjadi- bulan-bulanan kepentingan dan keserakahan bangsa (umat) lain. Bangsa lain itu telah berjuang keras untuk melumpuhkan bangsa dan umat yang beragama Islam dengan segala cara dari zaman ke zaman di antara cara itu adalah menciptakan kondisi umat Islam yang bebas tidak terikat dengan norma-norma agama dan akhlak sebagai pegangan hidup. Dengan cara ini, mereka mengharapkan akan muncul generasi Islam yang dapat menuruti kemauan-kemauan imperalis, generasi yang pemalas, senang hidup mewah dan berfoya-foya, tidak peduli dengan persoalan-persoalan penting, selalu berusaha mencari kesenangan, selalu mementingkan kepentingan pribadi dengan segala cara mengesampingkan urusan bangsa. Generasi yang apabila belajar, maka semata-mata untuk kepentingan pribadi dan kesenangannya. Apabila bekerja, maka untuk kesenangan pribadi. Apabila menjadi pejabat, juga berusaha untuk kesenangan dan kepentingan sendiri. Apabila kondisi umat Islam seperti ini, maka tamatlah riwayat mereka.

Di tengah-tengah umat Islam dalam keadaan yang memprihatinkan tersebut, buku ini diluncurkan oleh seorang ulama besar Mesir, yaitu Syekh Musthafa AI-Ghalayain untuk menyelamatkan mereka dari jurang kebinasaan. Isinya bukan saja menawarkan sederetan teori ilmiah, melainkan juga arahan operasional yang lebih praktis.

Karena demikian pentingnya buku ini, para ulama Indonesia sejak satu abad lebih yang lalu mengajarkan kitab ini kepada para santrinya, sehingga pemerintah kolonial merasa gusar, merasa terganggu kepentingannya dan akhirnya mereka melarang pembacaan kitab ini di seluruh pesantren di Indonesia, tidak hanya instruksi pelarangan saja mereka keluarkan, tetapi mereka melakukan operasional langsung penangkapan para kiai yang mengajarkan kitab tersebut.

Mengingat kondisi bangsa kita pada akhir-akhir ini menampakkan gejala-gejala yang mengarah pada kehancuran, maka kami merasa berkewajiban turut berusaha membentenginya dengan cara menerjemahkan kitab Izhatun Nasyi'in ke bahasa Indonesia dengan menyertakan teks aslinya yang berbahasa Arab, tanpa menambah dan mengurangi isi aslinya, dengan maksud agar pembaca mengetahui isi pokok pikiran pengarang yang asli dan dapat mengembangkan sendiri, sesuai dengan keperluan situasi dan kondisi yang ada.

Semoga usaha ini ada guna dan manfaatnya, khususnya bagi generasi muda muslim Indonesia yang memiliki wawasan keagamaan dan kebangsaan.

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment

silakan isi komen atau pesan saran di bawah ini...